Minggu, Maret 22, 2009

Perilaku Santun Saat Berbelanja

Wah, hari minggu nich....Jika tidak ada kegiatan, maka salah satu alternatif melepas penat adalah jalan-jalan, entah ke mall atau ke tempat rekreasi. Yang saya cermati sekarang adalah ke mall.


Mall merupakan salah satu tujuan untuk menghabiskan waktu week end.Entah hanya sekedar window shopping atau memang ada tujuan tertentu. Salah satunya adalah berbelanja kebutuhan bahan Rumah Tangga. Mulai dari sabun, pasta gigi, sampai dengan Diapers untuk si kecil. Jika belanja dalam jumlah sedikit, mungkin bisa terpenuhi di supermarket dekat rumah. Namun keistimewaan yang ditawarkan mall adalah adanya pesta diskon pada hari Jumat, Sabtu, Minggu.

Nah, kurang apalagi coba, dapat rekreasinya dapat happynya dan dapat pula diskonnya... (terlepas diskonnya bagaimana lho ya...)

Saya sering mendengar lewat pengeras suara yang mengingatkan agar kita berhati-hati terhadap barang pribadi yang kita bawa, entah tas, dompet, maupun handphone. Namun pernahkah mengamati ada kejanggalan pada rak display..??

Kejanggalan yang saya maksud disini, tata letak yang berbeda dengan kebanyakan. Misalnya ada jeruk ditempat mie instan, atau ada maaf - pembalut wanita - di tempat ATK (Alat Tulis Kantor)..
Apa yang terpikirkan dalam benakmu..? Apakah SPG/SPBnya yang teledor salah menaruh, atau............. yup... itu terjadi karena ada customer yang kemungkinan membatalkan pembelian, namun tidak mengembalikannya di tempat semula. Lalu mengapa kita tidak pernah mendengarkan larangan melalui pengeras suara ya...??? :D

Pembeli adalah raja. Memang itu sebutan yang tepat. Namun apakah kita tidak bisa menjadi contoh raja yang baik. Mudah-mudahan yang membaca artikel ini tidak pernah melakukannya ya..

Jika dibilang capek, ya kita pernah mengalaminya,... terburu-buru untuk mengembalikan ke tempatnya. Namun mungkin ada beberapa cara yang tidak merugikan dan merusak pemandangan:
- Jelas mengembalikan ke tempatnya
- Tetap membawanya dan membatalkan pembelian di kasir.

Nah, apakah sudah siap untuk berbelanja... yuk, kita beri contoh yang baik, satu contoh yang baik jika dilakukan semua orang, pasti dampaknya kelihatan. Apalagi kita membawa anak kecil.. kita memberi contoh kepada mereka.

Label: ,

3 Komentar:

Pada 6 April 2009 pukul 16.54 , Anonymous Johan mengatakan...

Kalo ndak jadi dibeli sebaiknya memang dikembalikan ke tempat semula. Supaya pembeli berikutnya ndak jadi bingung.
Tapi kadang2 tempatnya terlalu jauh dari kasir. Jadi males naruh ke tempatnya semula. Naruhnya di rak terdekat aja deh. Wekekeke...

 
Pada 6 Juni 2009 pukul 21.27 , Anonymous Herbs mengatakan...

Saya juga kadang liat hal seperti itu. Memang perlu kesadaran dari masing2 pribadi untuk bisa disiplin..

 
Pada 13 Januari 2010 pukul 15.08 , Anonymous Anonim mengatakan...

setuju...saya sllu lakukan 2 hal itu...tips utama saat shopping adl belilah sesuai kebutuhan bukan menuruti keinginan (Heny)

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda